Sunday, June 5, 2011

10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Gigi


Tanpa kita sadari, seringkali kita melakukan kebiasaan-kebiasaan bawah sadar yang kita anggap remeh. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya kebiasaan-kebiasaan remeh itu ternyata dapat mengakibatkan kerusakkan gigi?  Apa saja kebiasaan-kebiasaan remeh yang dimaksud? inilah 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi :
  • 1. Menggunakan gigi sebagai alat
Apakah Anda pernah saat ingin membuka sekantung keripik atau botol bir namun tidak ada gunting atau alat pembuka botol maka anda menggunakan gigi Anda untuk mengatasinya? Jika iya, sebaiknya hilangkan kebiasaan itu. Gigi Anda tidak diperuntukkan untuk melakukan hal-hal semacam itu. Hal itu dapat memberikan efek traumatis pada gigi Anda, yang bisa menyebabkan sisi gigi anda yang lemah menjadi patah bahkan bisa menyebabkan maloklusi (kelainan susunan gigi) sehingga membuat gigi anda tidak rata. Maka sebaiknya atasi masalah itu dengan alat sebenarnya bukan dengan gigi Anda.
  • 2. Mengunyah Es
Saat selesai meminum minuman dingin terkadang selalu ada sisa es yang tidak mencair lalu Anda mengunyahnya dalam mulut Anda sekedar untuk menghabiskan waktu. Padahal struktur es yang keras dan suhunya yang dingin bisa menyebabkan gigi Anda patah. Hal itu bisa mengikis enamel pada gigi Anda atau meretaknya tambalan gigi Anda. Dokter gigi menyarankan untuk membiarkan es mencair di mulut anda selayaknya permen bukan dengan menghancurkannya dengan gigi Anda.
  • 3. Mengunyah benda keras
Sama halnya dengan mengunyah es, mengunyah benda kerasa saperti pensil, pena atau benda keras lainnya  juga bisa menyebabkan patahnya gigi yang mengarah pada perbaikan gigi yang seharusnya tidak perlu.
  • 4. Mengisap lemon
Jika mengisap lemon secara teratur maka asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat meluluhkan mineral-mineral penting dari gigi dan mengikis permukaan luar gigi yang membuat gigi Anda sensitif terhadap dingin dan rentan untuk patah atau retak. Namun bukan berarti anda harus menghindari jus atau buah-buah jeruk lainnya, hanya saja pastikan anda tidak menahannya di mulut Anda dalam waktu yang lama.
  • 5. Menyikat terlalu keras
Menyikat gigi dengan terlalu keras atau menggunakan sikat gigi berbulu keras tidak membuat gigi Anda lebih berkilau malah bisa merusak enamel pelindung pada gigi anda. Selain itu bisa menyurutkan gusi anda serta meningkatkan sensitifitas pada gigi Anda ( terhadap dingin atau sentuhan). Pilihlah sikat yang lembut dan lakukan gerakan melingkar yang lembut untuk hasil terbaik.
  • 6. Menggigit kuku
Mengigit kuku merupakan kebiasaan bawah sadar yang biasanya terjadi saat seseorang merasa cemas. Mengigit kuku dapat menyebabkan gigi depan anda patah atau retak, bahkan bisa memberikan kesempatan bagi kuman dan bakteri yang berada di bawah kuku Anda untuk masuk ke dalam rongga mulut dan menyebabkan terinfeksinya gusi anda.
  • 7. Gigi bergemeretak
Sering menggemeratakkan gigi atau disebut bruxism (menggesekan gigi rahang atas dengan yang bawah) dapat menyebabkan berbagai masalah gigi. Kebiasaan tingkat bawah sadar yang sering terjadi pada saat tidur di malam hari  ini juga bisa menyebabkan nyeri di sendi rahang, sakit kepala dan sakit gigi yang parah. Hal ini biasanya terjadi karena adanya respon terhadap stress emosional. Untuk membatasi kerusakan yang terjadi, dokter gigi Anda mungkin menyarankan  untuk memakai pelindung gigi untuk Anda di malam hari.
  • 8. Meminum anggur putih
Mungkin karena anggur merah yang belakangan bisa membuat noda di gigi Anda yang akhirnya membuat sebagian banyak orang untuk lebih memilih meminum anggur putih ketimbang anggur merah. Padahal kenyataanya, anggur putih bisa menyebabkan masalah permanen karena tingkat keasamannya yang tinggi. Asam ini bisa mengikis enamel gigi Anda, memperlihatkan lapisan dalam gigi yang lebih gelap (dentin atau tulang gigi), mengakibatkan gigi yang kekuningan dan membuat mereka lebih rentan terhadap noda warna makanan atau minuman yang dikonsumsi dalam waktu yang sama. Untuk perlindungan, bilas mulut Anda setelah minum anggur putih atau makan beberapa keju dengan air putih untuk menyeimbangkan keasaman anggur.
  • 9. Konsumsi minuman ringan yang berlebihan
Konsumsi minuman manis yang berkarbonasi menjadi salah satu sebab munculnya penyebab kerusakan gigi. Bukan hanya karena manisnya gula yang terkandung dalam minuman ringan itu saja yang buruk bagi gigi Anda, namun  asam yang terkandung juga berkontribusi pada pembentukan gigi berlubang.  Minuman bebas-gula tidak terlalu berbahaya namun mereka masih bisa menyebakan masalah karena mereka terlalu asam.
  • 10. Mengisap ibu jari anda

Mengisap ibu jari merupakan kebiasaan yang paling umum dilakukan anak-anak sehingga menganggu posisi gigi depan atas dan bawah. Perubahan posisi gigitan inilah yang akhirnya memerlukan perawatan ortodontis.
Nah, apa kebiasaan-kebiasaan diatas sering anda lakukan? Jika ya, mengapa anda tidak mencoba untuk menghentikannya, karena gigi yang sehat juga pasti memiliki banyak keuntungan bagi Anda…

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More