Sunday, June 5, 2011

10 Kebiasaan Buruk Pencipta Kegagalan

10 Kebiasaan Buruk Pencipta Kegagalan 
yang diungkapkan oleh Napoleon Hill.
1. Kurang jelas tujuan hidup
Jika tidak punya tujuan jelas, baik dalam bisnis network marketing maupun kehidupan sehari-hari, maka Anda akan gagal. Hill melaporkan, 98 dari 100 orang tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam hidup. Maka, janganlah menjadi salah satu dari 98 orang itu. Sisihkan sebagian waktu, lakukan dengan tenang mengkaji lagi tentang apa yang sungguh-­sungguh Anda ingin lakukan dalam hidup dan bisnis. Tuliskan tujuan dan aspirasi itu. Selanjutnya bacalah semua itu dengan keras setiap harinya untuk selalu mengingatkan Anda akan tujuan tersebut.
2. Kurangnya ambisi untuk mencapai hasil lebih
Jika Anda termasuk tipe orang yang acuh terhadap hidup, tidak ada keinginan untuk maju ke depan, tidak ada keinginan untuk bekerja keras, Anda tidak akan mencapai sukses dalam segala hal. Antara pasrah dengan pesimis memang beda tipis. Banyak orang yang sudah dirasuki rasa nrimo saja. Padahal, kalau kita punya ambisi mencapai lebih, maka banyak hal yang dapat diraih. Ambisi tidak selalu dapat diasumsikan negatif. Karena ambisi itu baik, yang tidak baik ialah menghalalkan segala cara untuk mencapai ambisi. Itu saja!
3. Kurang disiplin
Kurangnya pengendalian dan disiplin dapat menghancurkan hidup. Jadi, kita harus mengendalikan diri terhadap segala sesuatu yang negatif. Ini tentu tidak mudah. Jika tidak mampu mengendalikan diri secara disiplin, Anda akan dihancurkan oleh diri sendiri.
4. Terlalu berhati-hati
Ini merupakan penyebab umum yang akan mengakibatkan kegagalan. Setiap orang menghadapi semacam ketakutan yang akan menghambat untuk mencapai sukses. Banyak dari kita yang menjalani hidup hanya menunggu kapan kesempatan baik datang. Ingatlah, bahwa kesempatan baik tidak akan pernah datang, kecuali jika Anda mau bertindak. Kunci dari suatu kesuksesan adalah berani mengambil tindakan. Jadi bertindaklah dalam kondisi apa pun yang sedang dialami saat ini. Jika berani mengambil tindakan, maka Anda akan dikejutkan oleh betapa keberanian itu bisa mengubah hidup dan bisnis Anda menjadi lebih baik.
5. Kurang Teguh
Banyak orang yang dengan mudah menyerah. Banyak dari kita yang memulai segala sesuatu dengan baik, tetapi begitu mudahnya menyerah pada saat menghadapi persoalan. Begitu banyak orang yang mudah menyerah ketika mereka mulai mengalami kegagalan pertama dalam bisnisnya. Anda harus belajar untuk terus bertahan dalam menghadapi segala kesulitan. Jika Anda teguh dalam menghadapi kesulitan, maka kegagalan tidak dapat menghentikan Anda.
6. Kepribadian yang buruk
Nah, ini yang saya maksud. Karena punya kepribadian buruk, banyak orang meng­hindar, maka tidak ada harapan bagi Anda untuk sukses. Ingat, sukses datang dari penerapan suatu kekuatan yang diperoleh dari kerjasama dan dukungan dari or­ang lain. Kepribadian buruk tidak dapat mengikat orang untuk bersatu. Itu cenderung meng­akibatkan perpecahan.
7. Menginginkan sesuatu hal yang tidak berguna
Banyak orang menginginkan kaya secara cepat. Tidak mau bekerja keras, dan hanya mengharapkan orang lain yang bekerja buat mereka. Hal ini akan menyebabkan kegagalan.
8. Kurang konsentrasi dalam berusaha
Jika Anda tipe orang yang mudah berpindah pekerjaan karena berpikir pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini terlalu lambat berkembang, dan menghasilkan uang yang sedikit, hal itu akan menghambat Anda menjadi sukses. Jika tergesa-gesa ingin menjadi kaya, sesungguhnya Anda sedang dalam kesulitan. Setiap orang akan melihat Anda sebagai orang yang tidak fokus, tidak tahu apa yang Anda inginkan. Belajarlah untuk berkonsentrasi terhadap semua usaha dalam rangka mencapai satu tujuan yang jelas.
9. Kurangnya antusiasme
Mereka akan melihat Anda sebagai orang yang tidak mampu me­yakinkan, jika Anda sendiri tidak antusias terhadap apa yang Anda tawarkan. Jika tidak bersemangat terhadap apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda bisa meyakinkan orang lain? Ingatlah, antusiasme dapat menulari atau memengaruhi orang lain di sekitar Anda untuk mengikuti apa yang Anda inginkan.
10. Egois
Jika Anda termasuk tipe orang yang mau menang sendiri (egois), tidak mau mendengarkan pendapat or­ang lain, punya sikap selalu merasa yang terbaik, maka orang-orang akan melihat Anda sebagai orang yang tidak bisa diajak bekerja sama. Mereka akan menghindar dari Anda. Sikap yang mau menang sendiri akan menggagalkan Anda untuk sukses, baik sebagai networker maupun kehidupan sehari-hari.
Anda sudah mengetahui bahwa ada 10 hal yang bisa menggagalkan Anda untuk mencapai sukses—tidak hanya dalam bisnis network marketing, tetapi juga dalam kehidupan Anda sehari-hari. Apabila mau bekerja untuk meng­hilangkan sikap yang buruk tersebut, Anda akan sukses mencapai harapan dan impian Anda.
Demikian 10 hal yang diungkapkan oleh Napoleon Hill.

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More